Kapal Cepat Bali – Lombok

kapal-cepat-bali-lombok

Menumpang kapal cepat merupakan alternatif transportasi dari Bali ke Lombok yang cukup diminati, terutama di kalangan wisatawan asing yang bermaksud menghabiskan liburan mereka di Gili. Sebagai gugusan pulau tropis, ketiga pulau di Gili ini memang sangat menarik bagi bule-bule yang sengaja datang kesini untuk mencari kehangatan matahari tropis. Banyak diantaranya bahkan tidak sampai menyebrang ke Lombok dan lebih memilih menghabiskan waktu liburannya di Gili.

Untuk mereka yang hendak ke Gili, memang menggunakan pesawat justru lebih rumit. Dari Bandara Internasional Lombok yang terketak di bagian selatan Pulau Lombok ini, diperlukan waktu sekitar 1.5 sampai 2 jam untuk mecapai Sengigi atau Bangsal dimana mereka bisa menumpang perahu untuk menyebrang ke Gili yang memerlukan waktu sekitar 30 menit lagi. Sementara itu meskipun waktu tempuhnya yang sekitar 1 sampai 1.5 jam tergantung ukuran kapal dan kondisi cuaca memang lebih lama dari pesawat yang hanya perlu waktu kurang dari 30 menit sampai Lombok, kapal-kapal cepat ini mendarat langsung di Gili Trawangan, baru melanjutkan ke Teluk Kode di pesisir barat Lombok.

Ada banyak operator yang menyediakan moda transportasi kapal cepat ini. Rutenyapun hampir semua sama, Bali – Gili Trawangan – Lombok. Jika anda ingin menggabungkan liburan dengan Nusa Lembongan, anda juga bisa memilih kapal cepat yang melayani rute Bali – Nusa Lembongan – Gili Trawangan – Lombok. Sebagian berangkat dari dermaga Pulau Serangan, tidak jauh dari Denpasar, tapi kebanyakan berangkat dari pantai Padang Bai, sekitar satu jam perjalanan dari Denpasar. Tapi penumpang tidak perlu khawatir karena hampir semua operator menyediakan bis untuk menjemput penumpang dari hotel dan membawanya sampai ke dermaga.

Moda transportasi ini memang relatif mahal. Rata-rata operator kapal cepat Bali Lombok mematok harga tiket di kisaran 600 ribu rupiah untuk sekali jalan menuju Gili Trawangan atau Lombok. Jika dibandingkan dengan pesawat, hanya Garuda Indonesia yang mematok harga yang hampir sama, sementara penerbangan-penerbangan lain seperti Wings Air, Merpati, Trans Nusa, dll. mematok harga tidak jauh dari angka 200 ribu rupiah saja sekali jalan. Tapi mengingat kepraktisannya, terutama jika anda hanya ingin berkunjung ke Gili, moda transportasi kapal cepat Bali – Lombok ini sangat populer.

Mungkin pembandingnya cukup sederhana. Bayangkan jika anda memilih naik pesawat. Katakanlah anda tinggal di kawasan Kuta. Untuk menuju Bandara Ngurah Rai di Bali perlu waktu sekitar 20-30 jam dengan ongkos taksi sekitar 50 ribu. Anda harus membayar airport tax. Anda harus tiba di airport sekurang-kurangnya satu jam sebelum penerbangan. Penerbangan Bali – Lombok sangat terkenal dengan keterlambatan yang bisa berjam-jam bahkan pembatalan mendadak. Terbang sekitar 25 menit, kemudian menyewa mobil dari Bandara Lombok sampai ke Senggigi, ongkosnya sekitar 300-400 ribu dengan waktu tempuh sekitar 1.5 jam. Dari Senggigi anda menyewa perahu dengan harga 250-350 ribu dengan waktu tempuh 30 menit menuju Gili.

Ditulis oleh: Adi Arifin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>